Rencana Menyelesaikan “Jelajah Angkasa” – Babak Final Game-Dev Gemastik III

by DEWA


Screenshot Main Menu Game

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur karena berhasil lolos babak kualifikasi semi final lomba Pengembangan Game Gemastik III. Kami, tim Dulinan (saya, Simson, dan Rendi), berhasil lolos dari seleksi prototype game, meskipun bisa kami katakan bahwa prototype tersebut masih jauh dari bagus.

Hari ini sampai tanggal 8 Oktober adalah masa pengembangan prototype game tersebut menjadi game layak pakai. Mungkin bagi beberapa tim lain yang sudah hampir selesai pengerjaannya, waktu interval sampai tanggal 8 Oktober terasa lama. Akan tetapi tidak bagi tim kami, interval tersebut  harus benar – benar kami pergunakan sebaik mungkin. Meskipun kami saat menyelesaikan prototype hanya kami kerjakan dalam waktu 2 hari, untuk penyelesaian game saat ini kami harus lebih cerdas dalam memperhitungkan waktu.

Rencananya hari ini kami memulai dengan membagi tugas masing – masing anggota saat liburan dua minggu ini. Oleh karena liburan dan tidak saling bertemu, kami harus bisa sering berkoordinasi via SMS atau media online. Rencana saya, saya akan menyelesaikan UI-nya terlebih dahulu selanjutnya menyelesaikan semua stage – stagenya. Untuk sementara ini saya menggunakan graphic seadanya karena saya tidak bertemu langsung dengan Rendi, bagian desain interface. Saya akan menyelesaikan semua logika permainan dan gameplay terlebih dahulu setelah kami bertemu baru menyempurnakannya dengan interface yang istimewa. Dalam penyelesaian stage yang cukup banyak, saya dan Simson harus berbagi tugas. Saya harus menspesifikkan misi utama dalam setiap level supaya lebih detail dan terarah dalam pengerjaannya.

Hari ini saya akan mengirim pembagian tugas ke teman – teman saya itu melalui email. Saya sendiri akan mulai belajar lagi materi Library Physics Helper di forum dan langsung mengimplementasikannya sesuai kebutuhan game saya. Mumpung belum Lebaran dan belum ada acara halal bihalal dengan sanak saudara, saya harus mengoptimalkan hari terakhir sebelum lebaran ini.

Semoga tulisan ini dapat memicu motivasi saya untuk menyempurnakan Proyek Game-Development tim kami. Semoga usaha kami terbalaskan dengan mendapat juara minimal 3 besar di kompetisi Gemastik III tanggal 8 Oktober kelak. Amin..