Konstitusi Dasar Keluarga Mahasiswa ITS

by DEWA


Logo ITS

Iseng – iseng merapikan isi file di My Document, eh ternyata ada tulisan saya yang sayang jika tidak didokumentasikan di sini. Tulisan ini merupakan tugas Latihan Kepemimpinan dan Kemandirian Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) II FTIf.

Konstitusi Dasar Keluarga Mahasiswa ITS, yang selanjutnya akan disebut KD KM ITS, merupakan rumusan awal dan dasar hukum dari terbentuknya Keluarga Mahasiswa ITS. KD KM ITS merupakan hasil keputusan dari Musyawarah Besar (MUBES) III ITS yang dilaksanakan pada akhir Agustus – September 2001. MUBES III dihadiri oleh perwakilan dari seluruh HMJ, LM, UKM, dan SM ITS.

Latar belakang diadakannya MUBES III ITS adalah terdapatnya beberapa fenomena pada saat itu. Fenomena – fenomena menjelang MUBES III yang berkembang di dunia kemahasiswaan antara lain :

  • Semakin menurunnya aktivitas sosialisasi dan internalisasi nilai dan semangat MUBES kepada mahasiswa menjadikan sense of belonging mahasiswa terhadap ormawa juga semakin surut.
  • Sama halnya dengan MUBES I sebelumnya, kurangnya pemahaman dan komitmen dari para pelaku organisasi dalam menjalankan organisasinya demi kepentingan bersama (secara holistik dan integral) sehingga mengakibatkan keberadaan MUBES II ITS sebagai makanisme dan aturan lebih banyak ditinggalkan.
  • Menurunnya kredibilitas ormawa akibat sedikitnya pimpinan lembaga yang hadir pada forum Kongres ataupun forum presidium. Padahal kongres adalah forum tertinggi di bawah MUBES sehingga mengakibatkan elitisme antar elit selain gap wacana dan pemahaman.

Secara umum terjadi penurunan aktivitas dalam ormawa ITS menjelang MUBES .

Hasil MUBES III ITS berisi tentang dasar – dasar ormawa ITS, rumusan mahasiswa yang ideal berdasar atas analisis peserta MUBES III ITS pada saat itu, dan segala sesuatu yang terkait tentang peran dan fungsi mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa ITS.

Rumusan mahasiswa Ideal berdasarkan ketetapan MUBES III ITS dikatagorikan dalam tiga tahap. Berikut merupakan penjelasan singkat tentang tahapan – tahapan tersebut :

1.       Tahapan pengenalan

•   Merupakan tahapan adaptasi terhadap lingkungan baru yang ada

•   Pemberian soft skill dasar

•   Pengenalan dasar keilmuan dan kondisi jurusan

2.       Tahapan pemahaman dan pembentukan

•   Merupakan tahapan untuk melakukan internalisasi nilai-nilai dan pemahaman

•   Aktualisasi potensi dan peran kolektif

3.       Tahapan pengorganisasian/ pengabdian

•  Tahapan ini merupakan tahapan pematangan personal dan terkristalisasinya nilai  pada diri mahasiswa sehingga tercipta suatu tindakan yang mencerminkan bentuk dari nilai tersebut.

• Merupakan tahapan pengembangan yang dapat berdaya secara utuh serta mampu memberdayakan lingkungan di sekitarnya.

Dengan mengimplementasikan proses – proses rumusan pembentukan pribadi mahasiswa tersebut, diharapkan mahasiswa ITS mampu menjadi mahasiswa yang ideal.

Saat ini mahasiswa ITS gencar – gencarnya akan menyelenggarakan MUBES IV. MUBES IV rencana akan dilaksanakan Desember 2010. Semoga rencana ini benar – benar dapat terlaksana mengingat sangat pentingnya fungsi MUBES IV.

Referensi lain mengenai KD KM ITS :
http://alalabeng.wordpress.com/2010/02/03/pemahaman-tentang-kd-km-its/