Belajar Multitasking di saat Liburan

by DEWA


ilustrasi

Sedikit terkejut diri saya saat banyak teman – teman menanyakan tugas kelompok beberapa mata kuliah di facebook. Selama liburan ini, hanya dengan facebook dan plurk saya bisa mendapat informasi terkini dari teman – teman kuliah saya. Saya baru ingat bahwa masih banyak tugas yang harus saya selesaikan sebelum saya kembali ke Surabaya. Saya harus menggunakan waktu libur yang tersisa ini dengan optimal.

Tugas – tugas itu berupa tugas mata kuliah, tugas essay IBM e-Mentoring, cicilan penyempurnaan proyek lomba, proposal PKM, dan tugas video editing asrama. Sampai saat ini saya masih hanya fokus untuk menyicil menyelesaikan proyek game saya. Sementara tanggungan yang lain masih sedikit atau belum saya sentuh. Saya harus bisa menyempatkan waktu saya untuk menggarapnya. Hal ini akan melatih diri saya cara mengatur prioritas, menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam waktu yang hampir bersamaan (multitasking), dan menjadwalkan pengerjaannya.

Berikut adalah tanggungan – tanggungan selama liburan ini :

Tugas Mata Kuliah Grafika Komputer

Saya mendapat kabar dari beberapa teman saya via facebook bahwasanya ada tugas Grafika Komputer (Grafkom). Tugas yang diberikan adalah membuat gambar primitif, seperti segitiga, lingkaran, atau kotak, dengan menggunakan OPEN GL atau JOGL. Progress sampai saat ini adalah saya sudah membaca tutorial mengenai JOGL. Akan tetapi saya belum mencoba untuk membuat bentuk sesuai keinginan saya. Deadline pengupulan tugas adalah tanggal 20 September, yakni saat kuliah Grafika Komputer selanjutnya.

Essay IBM e-Mentoring Program

Awal liburan ini saya mendapat email dari IBM. Email tersebut berisi pemberitahuan tentang seleksi e-Mentoring. Proses seleksi dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama adalah seleksi dari pengumpulan CV dan EssayWhy are you Interested to join IBM e-Mentoring Program“. Seleksi berikutnya adalah seleksi wawancara via telepon. Sampai saat ini saya sudah menyicil essay itu. InsyaAllah malam ini saya bisa merampungkannya. Deadline pengumpulan essay dan CV adalah tanggal 19 September. Semoga saya bisa lolos seleksi IBM e-Mentoring.

Penyelesaian Proyek Lomba Pengembangan Game Gemastik III

Pada tulisan saya beberapa hari yang lalu, saya sudah berniat untuk menyicil menyelesaikan proyek ini. Saya sudah mengirim arah dan pembagian kerja ke email dua rekan sekelompok saya. Sampai saat ini, saya sudah menambah dua fitur di proyek saya. Deadline akhir adalah tanggal 8 Oktober. Semoga rencana penyempurnaan ini iberjalan sesuai target. Semoga proyek game kami tembus tiga besar juara di geMasTIK III.

Proposal PKM

Sebenarnya lumayan berat bagi saya untuk memulai menulis karya tulis PKM, karena saya sering merasa bingung bagaimana memulainya. Deadline pengumpulan proposal adalah tanggal 21 September, akan tetapi saya masih menyimpan ide – ide PKM saya di dalam benak saya. Saya masih belum menuliskannya ke dalam kertas ataupun softcopy. Saya sudah berjanji untuk menyicilnya mulai tanggal 18 September bersama teman seasrama, sekelompok PKM saya.

Video Visualisasi Mimpi PPSDMS Angkatan IV Regional Surabaya

Satu lagi amanah dari teman seasrama saya adalah mengedit video visualisasi mimpi. Saya, sebagai seseorang yang dipercaya dalam merampungkan proses akhir pembuatan video ini, harus benar – benar memaksimalkan potensi saya dalam mengedit video. Skenario dan foto – foto sudah kami konsep sebulan yang lalu. Sekarang tinggal direalisasikan dalam bentuk video dengan menggunakan software video editing. Saya akan menyelesaikan sebelum tanggal 18 September.

Saya yakin saya bisa memaksimalkan potensi saya dalam mengatur waktu saya. Meskipun besok dari pagi sampai sore saya menghadiri beberapa silaturahmi, saya akan tetap menyicil tugas – tugas saya dengan mengoptimalkan waktu di malam hari. Semoga usaha saya ini merupakan pembelajaran yang terbaik bagi diri saya untuk menjadi lebih produktif dalam memanfaatkan waktu. Amin.