Rapat Program Kerja HMTC – ITS 2010

by DEWA


Lambang HMTC

Raker, begitulah kami menyingkat Rapat Program Kerja HMTC. Agenda wajib organisasi ini kami selenggarakan hari ini mulai pukul 09.00 sampai 17.00. Raker adalah agenda pertama HMTC yang mengumpulkan semua elemennya, baik PH maupun Staff. Oleh karena ITS masih dalam masa liburan dan tidak diperkenankan untuk meminjam fasilitas apapun di ITS, acara ini kami selenggarakan di luar lokasi ITS. Kami mengadakan acara tersebut di Gedung BKKBN Kota Surabaya di Jalan Kali Bakor Timur.

Kesepakatan yang dibuat adalah kumpul di bundaran ITS pukul 07.00. Akan tetapi terealisasinya baru pukul 08.10 sebanayk 70% dari peserta keseluruhan yang hadir sudah berkumpul di lokasi. Selain menunggu lebih banyak yang datang, kami juga mendapat sedikit masalah.

Saat itu kami mendapat masalah tentang pengadaan LCD Proyektor. Fitri yang sehari sebelumnya telah memberi kabar bahwa dia sudah mendapat pinjaman LCD secara murah, tiba – tiba hari ini mengabari bahwa LCD yang dimaksud sudah dipinjam. Saya dan Banon bergegas mencari peminjaman LCD terdekat. Beberapa menit sebelum kami berangkat, ternyata Kharisma yang membawa kunci Lab Pemrograman (LP) tiba di tempat ngumpul. Kami langsung mengajak Kharisma dan meminjam kunci LP untuk mengambil LCD di LP. Akan tetapi semua lab belum bisa dibuka sampai hari Senin karena digembok.

Setelah gagal mengambil LCD di LP, Saya dan Banon menuju ke salah satu warnet di Keputih yang menawarkan jasa penyewaan LCD. Akan tetapi operator yang menjaga warnet tersebut sedang tidak ada. Sambil menunggu dia kembali, kami menyempatkan mencari di daerah Gebang. Akan tetapi hasilnya nihil. Kami kembali ke warnet sebelumnya dan untungnya operatornya sudah tiba. Kami akhirnya menyewa 1 unit LCD Acer dengan biaya Rp 300.000,00. Oleh karena operator warnet tersebut tidak bisa dan tidak berani mencoba, kami tidak mencoba LCD tersebut terlebih dahulu.

Kami, bersama – sama dengan rombongan lain yang menunggu di SPBU Gebang Putih, berangkat menuju lokasi. Ternyata cuma beberapa orang saja yang mengetahui detail lokasi Raker ini.

Pukul 09.20, saya selaku moderator, mengawali pembukaan acara ini. Agenda pertama adalah pembukaan dan arahan dari Kahima. Dilanjutkan dengan presentasi Sekretaris Umum mengenai kesekretariatan, presentasi proker – proker keenam departemen, singkronisasi, dan inagurasi. Tiap departemen presentasi secara bergantian dengan waktu maksimal satu jam.

Presentasi Proker Tiap Departemen

Yang menarik di sini adalah pada sesi Inagurasi. Untunglah ada sesosok penyanyi yang mampu mencairkan suasana. Dia adalah Najib C19. Seseorang yang dikenal cerdas oleh karena mendapat IPK tertinggi ini ternyata mampu mencairkan suasana dengan gaya nyentrik menyanyinya. Meskipun sedikit terlihat tidak terkonsep, sesi acara ini mampu menghidupkan kembali suasana yang beku.

Selama acara berlangsung terjadi beberapa kendala. Salah satunya adalah kendala teknis dari LCD Proyektor. Masalahnya pada bagian  Power Supply dari LCD Proyektor tersebut. Awalnya saya dan Johan mengambil kesimpulan bahwa kabel listriknya bermasalah. Saat istirahat, kami menyempatkan untuk menukar kabel di warnet tempat kami menyewa. Ternyata, setelah kami coba kabel yang baru dan masih bermasalah, kesimpulannya yang bermasalah adalah LCD Proyektornya. Untunglah setelah 15 menit membuang – buang waktu untuk membenahi LCD Proyektor, akhirnya LCD Proyektor bisa menyala dengan sendirinya.🙂

Acara diakhiri dengan sambutan penutup dari Kahima. Sembari menunggu Ucup dan Tika mengambil konsumsi kedua, kami menyempatakan untuk membersihkan dan mengembalikan ruangan ke kondisi semula. Setelah konsumsi datang, kami saling berpamitan untuk meninggalkan tempat.

Semoga acara Rapat Program Kerja kali ini menjadi momen yang berharga dan menjadi tonggak kejayaan kepengurusan Kabinet Sinergi. Semoga semangat semua pemegang amanah proker mampu menjalankan amanahnya dengan baik.