Cara Membuat Project OpenGL dengan Visual Studio 2008

by DEWA


Grafkom

Sungguh berat rasanya jika kita membuat project dengan menggunakan IDE DevC++ kembali. Terasa seakan – akan kita mengkoding Pemrograman Terstruktur lagi. Selain tidak mempunyai fitur Intellisence (Auto-Complete jika ditekan ctrl + spasi), DevC++ juga terasa kurang powerful jika dibandingkan dengan Visual Studio 2008. Sampai sekarang belum ada paket OpenGL yang dikhususkan untuk IDE Microsoft Visual Studio 2008. Akan tetapi kita bisa menyiasati hal tersebut dengan beberapa cara. Berikut langkah – langkahnya :

1. Install Ms Visual Studio
Ya, syarat mutlak untuk mengerjakan langkah – langkah ini adalah komputer kita harus terinstall Ms Visual Studio, baik VS Express Edition, ataupun VS Professional Edition. Jika kita menggunakan VS Professional Edition, pastikan Ms Visual C++ terinstall di komputer kita. Kita akan menggunakan IDE Visual C++ untuk membuat project open GL tersebut.

2. Windows SDK for Windows Server 2008 and .NET Framework 3.5
Untuk mendapatkan paket ini, kita bisa mengunduh di sini atau di sini
SDK ini berisi library utama dari OpenGL.

3. Unduh dan Letakkan Paket Glut dengan Sesuai
Langkah selanjutnya adalah mengunduh OpenGL Paket Library. Untuk mengunduh paket tersebut kita bisa dapatkan di sini.

Setelah sukses mengunduh, extract semua arsip yang kita dapat. Kemudian pindahkan file – file tersebut sesuai dengan kriteria berikut:

  • Letakkan semua file .h ke folder C:\Program Files\Microsoft SDKs\Windows\v6.1\Include\GL. File – file yang dicopykan ke folder tersebut adalah : glut.h, freeglut.h, freeglut_ext.h, dan freeglut_std.h.
  • Letakkan semua file .lib ke folder C:\Program Files\Microsoft SDKs\Windows\v6.1\Lib. File – file yang dicopykan ke folder tersebut adalah : freeglut.lib dan  glut32.lib.
  • Letakkan semua file .dll ke folder C:\Windows\system32. File – file yang dicpykan adalah : freeglut.dll dan glut32.dll.

4. Buat Proyek Pertamamu

Buat project OpenGL pertamamu dengan membuka File -> New Project -> Win32 Console Application. Setelah keluar wizard-nya, pilih empty project. Klik Finish. Setelah sudah siap project di IDE, lakukan langkah – langkah berikut ini :

  1. Tekan Alt + F7 atau Project Properties. (lihat gambar)
  2. Masuk menu properties (lihat gambar)
  3. Masuk ke Configuration Properties -> Linker -> Input
  4. Masukkan string “GlU32.Lib OpenGL32.Lib freeglut.lib glut32.lib

Langkah 1

Langkah 2

Langkah 3

Langkah 4

5. Unduh Contoh Project
Untuk memulai project, bisa diunduh contoh project OpenGL yang sudah jadi. COntoh software tersebut bisa didapat di sini.

Semoga tutorial singkat ini bermanfaat bagi kita. Semoga nilai mata kuliah Grafika Komputer kita mendapat nilai minimal AB. Amin.