Hal apa yang dicari dari pelamar kerja?

by DEWA


Masa kerja merupakan masa produktif pada hidup kita. Banyak orang berlomba – lomba untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan apa yang diinginkannya. Akan tetapi, tidak semua pelamar kerja mampu meraih pekerjaan sesuai dengan keinginannya. Hal ini disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah karena pelamar kerja tersebut tidak mengetahui hal – hal apa saja yang dibutuhkan dari pelamar kerja.

Banyak pelamar kerja berpikir sempit bahwasanya yang dibutuhkan oleh pemberi kerja adalah intelegnsia saja. Hal yang mampu mengukur tingkat intelegensia mereka adalah Indeks Prestasi. Oleh karena itu, mereka menggunakan masa prakerja mereka dengan aktifitas – aktifitas yang berorientasi pada peraihan indeks prestasi saja. Padahal, intelegensia bukan merupakan satu – satunya parameter yang dinilai saat mereka melamar pekerjaan.

Pemberi kerja menetapkan beberapa parameter untuk menilai apakah seseorang seorang pelamar kerja mendapatkan pekerjaan. Parameter – parameter tersebut adalah kemampuan berkomunikasi, tingkat intelegensia, tingkat antusiasme, tingkat keluwesan, kepemimpinan, kemampuan teknis, dan banyak parameter lainnya.

Kemampuan berkomunikasi

Hampir seluruh pemberi kerja berpendapat bahwa kemampuan berkomunikasi secara efektif dan bergaul dengan berbagai jenis kepribadian adalah dua kualitas yang paling diinginkan dari calon pekerja. Pemberi kerja ingin mengetahui apakah seorang calon pekerja memiliki kemampuan untuk mengorganisasikan ide dan menyampaikannya secara efektif.

Tingkat intelegensia

Tidak dipungkiri Indeks Prestasi juga berpengaruh saat melamar kerja. Pemberi kerja sering menggunakan Indeks Prestasi sebagai tolok ukur tingkat intelegensia seorang pelamar kerja.

Tingkat antusiasme

Pemberi kerja ingin mengetahui seberapa besar seorang pelamar kerja menginginkan pekerjaan. Merupakan sesuatu yang logis jika seorang pemberi kerja harus memastikan bahwa pekerjanya akan menggunakan waktu dan tenaganya untuk bekerja dengan optimal.

Tingkat keluwesan

Seorang pekerja diharuskan mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di perusahaan. Oleh karena itu, pemberi kerja ingin mengetahui apakah seorang pelamar kerja memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap sebuah perubahan.

Kepemimpinan

Kemampuan untuk memimpin sebuah tim merupakan hal yang dicari oleh banyak pemberi kerja. Tidak hanya itu, pelamar kerja harus memiliki dan menunjukkan jiwa – jiwa sebagai seorang pemimpin saat mereka melamar pekerjaan.

Kemampuan teknis

Parameter lain yang dibutuhkan oleh pemberi kerja adalah kemampuan teknis dari seorang pelamar kerja. Pelamar kerja yang memiliki kemampuan teknis yang lebih unggul mampu belajar dengan lebih cepat terhadap sesuatu yang menjadi pekerjaannya.

Dengan mengetahui parameter – parameter yang dibutuhkan oleh pemberi kerja, seorang calon pekerja diharapkan mampu memiliki kompetensi sesuai dengan parameter – parameter tersebut. Oleh karena itu, sangat dianjurkan kepada mahasiswa, yang juga merupakan calon pekerja, mengasah kompetensi – kompetensi tersebut selama masa perkuliahannya.