Kerja Praktik di Indosat

by DEWA


kerja praktikKP (Kerja Praktik) merupakan mata kuliah wajib berbobot 2 SKS di kurikulum 2010/2014 jurusan Teknik Informatika ITS. Mata kuliah ini bukan merupakan mata kuliah yang diajarkan di kelas seperti mata kuliah pada umumnya. KP dilakukan di instansi tertentu, biasanya di perusahaan tertentu. Pembimbingnya berasal dari pihak dosen dan dari pihak perusahaan. Keduanya kelak yang berhak untuk mengeluarkan nilai fix mata kuliah KP.

Sebagian besar teman – teman dan kakak tingkat saya di jurusan Teknik Informatika mengambil Kerja Praktik pada liburan di antara semester 6 dan semester 7. Saya dan Christian Ivan Yudi Santo Putra (Mocin), teman kelompok KP saya, berpikir lain. Kami sengaja menjalani KP lebih awal, yakni pada liburan di antara semster 5 dan semester 6. Kami lebih memilih KP dua kali, yakni pada semester ganjil dan pada semester genap, daripada hanya mengajukan KP sekali pada semester genap saja. Jika mengajukan KP sekali, andai kata proposal KP kami ditolak, kami akan kebakaran jenggot dalam mencari lokasi Kerja Praktik lainnya.

Pada liburan di antara semester 5 dan semster 6, saya menjalani KP di perusahaan Indosat cabang Surabaya. Oleh karena beberapa kesalahan teknis di luar kuasa kami, kami baru menyerahkan proposal KP ke bagian ekspedisi Indosat pada hari Jumat, 31 Desember 2010.  Pada hari Senin, 3 Januari 2011, Mocin menanyakan kejelasan apakah proposalnya sudah sampai. Ternyata proposal kami sudah sampai di bagian HRD Indosat. Pegawai HRD, yang pada saat itu Pak Made, memberitahu bahwa akan diadakan wawancara sebelum kami resmi diterima KP di Indosat. Hmm.. Lumayan lah, bisa menikmati wawancara kerja sebelum benar – benar melamar kerja, batin kami.

Wawancara kerja dilaksanakan pada hari Rabu, 5 Januari 2011 pukul 08.30. Setelah berolah raga sebentar, saya bergegas menuju LP untuk bersama – sama Mocin berangkat menuju kantor Indosat Kayoon. Oleh karena jalan dari ITS menuju Indosat lumayan ramai, kami tiba di sana pukul 08.35. Setelah mendaftarkan diri sebagai tamu di resepsionis, kami bergegas menuju lantai 3 untuk menemui pak Made.

Kami diwawancarai di ruangan meeting HRD. Saat itu hanya kelompok saya yang diwawancarai. Pak made juga lah yang mewawancari kami. Pertanyaan – pertanyaannya cukup umum. Alasan mengapa memilih Indosat sebagai tempat Kerja Praktik, rencana apa yang bisa dikerjakan dalam sebulan KP di Indosat, dan pertanyaan – pertanyaan umum lainnya dilontarkan pak Made sambil membaca – baca propsal kerja praktik yang kami ajukan.

Setelah itu, kami berpamitan dan pulang menuju kampus. Kata pak Made, pengumuman diterima atau tidaknya kami akan diantarkan ke jurusan. Oleh karena itu, kami tidak buru – buru menanyakan kembali ke beliau. Di samping itu kami disibukkan dengan Tugas Akhir (Final Project) yang luar biasa kompleksnya. Kami baru menghubungi kembali ke pak Made hari Kamis, 12 Desember 2010. Ternyata, menurut pihak Indosat, surat diterimanya kami sudah diantar ke jurusan seminggu yang lalu. Akan tetapi, nyatanya kami belum menerimanya dari pihak TU jurusan. Yah, mungkin ada kesalahan teknis saat pengiriman atau penerimaan surat tersebut.

Pada hari Kamis itu juga, kami disuruh menghadap pak Made lagi untuk mengisi formulir ketersediaan kerja praktik. Kami disuruh melengkapi segala keperluan untuk administrasi, yakni fotocopy KTM dan KTP masing – masing dua lembar, foto 3×4 dua lembar, dan foto 3×2 satu lembar.

Jam 14.00 tepat, kami tiba di Indosat dan langsung bergegas ke lantai 3 untuk menemui pak Made. Pak Made memberikan formulir ketersediaan Kerja Praktik beserta lembar aturan – aturan kerja praktik. Setelah kami mengisi formulir tersebut, beliau menjelaskan teknis lebih dalam lagi bagaimana kami satu bulan menjalani kerja praktik di Indosat.

Semoga satu bulan ini menjadi satu bulan yang sangat produktif bagi kami, khususnya untuk belajar banyak hal baru terkait implementasi ilmu Teknik Informatika di perusahaan. Saya akan mempergunakan kesempatan belajar ini dengan sebaik – baiknya. Saya yakin, saya akan belajar dan mendapatkan suatu pembelajaran di sini.