KP Hari Pertama : Masa Perkenalan dan Adaptasi Diri

by DEWA


Alhamdulillah, KP hari pertamaku jatuh pada hari Senin, tanggal 17 Januari 2010. Meskipun pada hari itu masih terdapat tiga tanggungan Project Akhir (Final Project) mata kuliah yang harus segera diselesaikan, kami tetap berangkat KP pada hari tersebut. Hanya saja, pada pukul 11.00, kami meminta ijin untuk kembali ke kampus, karena ada demo Final Project.

Kami berangkat bersama, setelah malam harinya capek nglembur pengerjaan Final Project. Selesai sarapan di Depot Muslim, kami bergegas menuju Indosat. Kami nampak tergesa – gesa karena waktu telah menunjukkan pukul 07.15 dan kami masih berada di lingkungan ITS. Padahal, kami sudah punya janji dengan pak Made, pegawai HRD Indosat, untuk bertemu dengan beliau pukul 07.30.

Syukurlah jalan dari ITS menuju Indosat tidak terlalu macet. Jadi, kami bisa tiba di Indosat pukul 07.35. Tiba di sana, kami bertemu dengan tiga mahasiswa yang juga sedang melaksanakan KP. Mahasiswa – mahasiswa tersebut berasal dari STIKOM Surabaya, jurusan Sistem Komputer. Mereka tidak bergegas masuk, karena menunggu satu teman mereka yang belum datang. Oleh karena itu, kami masuk tidak bersama mereka.

Setelah lapor ke resepsionis, kami diperbolehkan pergi ke lantai tiga untuk menemui pak Made. Oleh pak Made, kami diantar menuju gedung TO. Selama perjalanan, beliau menjelaskan, bahwa nanti kami akan dipisah. Salah satu dari kami diletakkan di bagian Jaringan, yakni di lantai dua. Salah satu yang lainnya ditempatkan di bagian Network Quality, lantai empat. Oleh karena Mocin – teman KP saya – lebih menyukai jaringan, dia memilih untuk ditempatkan di lantai dua.

Saya kemudian diantar pak Made menuju lantai empat. Tiba di lantai empat, saya diperkenalkan dengan Pak Kelik. Beliau adalah pegawai bagian Network Quality Indosat yang tidak lain merupakan mentor saya satu bulan ke depan ini. Setelah itu, saya dijelaskan oleh pak Kelik apa saja yang biasanya dikerjakan oleh mahasiswa KP di bagian beliau.

Sebelum di-briefing lebih lanjut oleh pak Kelik, saya dikenalkan oleh seluruh karyawan unit kerja tersebut. Kesan pertama yang saya tangkap adalah sebagian besar pegawai sangat ramah terhadap pendatang baru. Saya harus memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar beradaptasi diri di lingkungan pekerjaan.

Setelah selesai dikenalkan, beliau menerangkan teknis dengan sangat jelas. Mulai dari teknik bagaimana caranya BTS melakukan tugasnya dalam menyebarkan data – data ke tiap pelanggannya, bagaimana BTS menerima data dan proses mengolahnya, bagimana mengukur kualitas suatu BTS. Saya juga diajarkan bagaimana data – data dari hardware tersebut dikoneksikan ke komputer dan diolah mejadi informasi yang bisa dibaca oleh masyarakat awam.

Saya lantas bertanya apa tugas saya untuk satu bulan ini. Beliau tidak menjelaskan secara gamblang apa tugas saya. Beliau hanya menjelaskan bahwa tugas saya berkaitan dengan mediasi database. Mediasi database adalah bagaimana mengubungkan data – data mentah (berupa text CSV) yang didapat dari Network Element BTS, menjadi informasi yang bisa dimengerti oleh masyarakat awam. Informasi tersebut bisa disajikan dalam bentuk excel, disimpan di database, atau ditampilakn di program berbasis web.

Solusi pertama yang terlintas di pikirkan saya adalah membaca file tersebut dan menerjemahkannya ke dalam bahasa query untuk kemudian dimasukkan manual ke database. Akan tetapi dengan cara tersebut, saya harus bekerja lagi jika dibutuhkan pengolahan informasi menggunakan MS Access atau MS Excel. Pengguna pasti kesulitan menghubungkan antara RDBMS (Oracle, MySQL, atau MS SQL Server) dan MS Access/Ms Excel. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk membuat database XML yang bisa dibaca di mana – mana.

Hari pertama saya belum membawa laptop sendiri, karena saya menganggap bahwasanya nanti akan disediakan komputer khusus untuk mahasiswa KP. Ternyata anggapan saya salah. Untungnya, ada satu komputer nganggur yang bisa saya gunakan. Sebagian besar waktu saya, saya gunakan untuk mengamati atmosfir kantor. Tampak suasana yang serius. Seluruh pegawai fokus terhadap pekerjaannya masing – masing. Wow, sungguh atmosfir yang mendukung untuk berperilaku produktif saat masa kerja.

Kami pulang pukul 16.30. Sebelum meninggalkan Indosat, kami harus kembali ke lantai tiga untuk mengisi absensi kerja praktik.

Sungguh satu hari yang sangat melelahkan. Semoga KP hari pertama ini merupakan titik pelatuk emas untuk bersemangat menjalani kerja praktik satu bulan ke depan dan bisa menikmati dunia kerja pasca masa kampus nantinya. Amin.