TUGAS #1 KP: ISAT Text to XML Converter

by DEWA


Hari kedua saya menjalani kerja praktik, saya dijelaskan apa tugas pertama kerja praktik saya. Tugas itu tidak lain adalah membuat program yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa file text dan mengkonversikannya menjadi file XML atau file text yang sudah tergabung. Hal ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk pembuatan report terkait Network Quality.

Saat itu, asumsi saya mengenai kebutuhan fungsionalitas dari program salah. Saya menganggap bahwa program yang akan saya buat hanya berfungsi untuk mengubah satu file text menjadi satu file XML. Hal itu baru saya sadari saat penggarapan program sudah 90%. Untung saja, pak Kelik – mentor saya – menjelaskan kembali kebutuhan yang lebih vital daripada hanya sekedar mengkoversikan file text ke XML.

Kebutuhan yang paling vital adalah bagaimana caranya data mentah dari file CSV itu dapat digabung menjadi satu file. Tujuannya adalah saat pegawai membuat report bulanan atau mingguan, mereka tidak lagi mengambil file harian satu persatu. Dengan program yang saya buat, pegawai bisa menspesifikasikan data pada hari mana saja yang dibutuhkan untuk keperluan pembuatan laporan.

Sebenarnya penambahan kebutuhan fungsional program itu tidak menjadi masalah besar bagi saya. Oleh karena saya sudah menerapkan prosedur pembangunan sistem dengan benar sesuai dengan Software Engineering – ehm, sedikit promosi Software Engineering, saya dengan mudah menambahkannya.

Saya menggunakan IDE Visual Studio 2010 untuk keperluan pengembangan software ini. Pastinya, saya memilih bahasa C#. Untuk penyesuaian dengan perusahaan, saya menggunakan framework .net 3.5.

Alhamdulillah, keesokan harinya saya telah menyelesaikan tambahan kebutuhan fungsional tersebut. Akan tetapi, saya merasa janggal dengan nama program yang terlanjur saya buat, “ISAT Text to XML Converter”. Mau diganti menjadi apa ya, mungkin lebih tepatnya, “ISAT CSV Combinator and XML Converter”. Wis mbuhlah, apalah arti sebuah nama. -_-“.

Semoga program yang saya buat ini bermanfaat bagi perusahaan dan semoga saya bisa mengambil banyak manfaat dari pembuatan program ini. Yang jelas, saya menyadari betapa pentingnya proses pemahaman terhadap kebutuhan fungsional dari pelanggan.