GLOBE mengantar tim MS.id meraih juara 1 Arkavidia 2.0

by DEWA


Minggu, 20 Februari 2011, Tim MS.id menjadi juara di Arkavidia 2.0 ITB katagori System Design Competition. Selain tim MS.id, dalam lomba kali ini ITS juga mendelegasikan tim Enlight. Tim MS.id mendapat juara 1 dan Tim Enlight mendapat juara 2. Kedua tim ini sebagian besar anggotanya merupakan Microsoft Student Partner (MSP) dan calon MSP ITS. Tim MS.id beranggotakan Dewa, Ivan, Intan, dan Sandi, sedangkan tim Enlight beranggotakan Alex, Jeffrey, dan Roy.Tim MS.id membuat aplikasi yang berjudul GLOBE sedangkan tim Enlight membuat Game yang berjudul Academia.

Tim MS.id dan Tim Enlight

GLOBE, aplikasi yang merupakan perpaduan antara Geographic Information System (GIS) dan Social Network, mengantar tim MS.id ke tempat pertama babak final. GLOBE merupakan aplikasi RIA yang dibangun dengan framework Silverlight 4. Dengan berkreasi dalam pemanfaatan library Bing Map SDK for Silverlight dan teknologi RIA Silverlight 4, Tim MS.id dapat membuat terobosan baru dalam social network. GLOBE memungkinkan penggunanya mengetahui lokasi temannya saat memasang status, melakukan chat yang akan dikembangkan dengan fitur video conference, mengetahui informasi mengenai sebuah lokasi, dan beberapa fitur standar social network yang lain.

Berbeda dengan Foursquare atau aplikasi semacamnya, GLOBE merupakan aplikasi Rich Internet Aplication (RIA) yang memiliki tampilan yang jauh lebih interaktif. Selain itu, GLOBE lebih menonjolkan sisi GIS-nya. Pengguna akan dihadapkan dengan bola dunia yang besar. Di bola dunia tersebut, pengguna bisa melihat lokasi terakhir teman – temannya. Fitur chatting juga merupakan salah satu fitur pembeda GLOBE dengan aplikasi semacam Foursquare.

GLOBE memanfaatkan Facebook API untuk keperluan registrasi dan publikasi. Pengguna baru bisa registrasi GLOBE dengan menggunakan account FB-nya tanpa melakukan pengisian form registrasi ulang. Pengguna GLOBE akan terhubung ke FB mereka, sehingga tiap kali mereka melakukan update status, secara otomatis akan membuat suatu post di dinding FB mereka. Selain itu, penggunaan Facebook API juga dimaksudkan untuk publikasi aplikasi GLOBE itu sendiri. Setiap pengguna FB yang melihat post GLOBE pasti akan ingin mengetahui dan mencoba aplikasi GLOBE.

Dalam melansir informasi mengenai pekerjaan, GLOBE terhubung dengan Linked In API. Dengan demikian, dimungkinkan pengguna GLOBE mencari orang lain berdasarkan informasi profesi yang didapat dari account Linked In mereka.

Selain dibagun dalam aplikasi web, GLOBE akan dibagun dalam versi mobile. GLOBE Mobile merupakan aplikasi yang diperuntukkan HP dengan OS WIndows Phone 7. Berbeda dengan aplikasi web, GLOBE Mobile memanfaatkan fitur GPS pada HP. Oleh karena itu, pengguna GLOBE Mobile dapat langsung mendapat informasi lokasi di mana dia berada tanpa harus mencarinya terlebih dahulu.

Rencana pengembangan ke depan, GLOBE akan ditambahkan fitur Fast Searching, Find a Direction, Video Conference, dan pemanfaatan GPS untuk versi Mobile. Pengembang juga sempat memikirkan tentang aspek Expandable dari GLOBE. Oleh karena itu, saat ini pengembang melakukan riset mengenai teknologi Windows Azure untuk memigrasikan GLOBE ke awan (cloude) ke depannya.