Kebangkitan Indonesia melalui Enterpreneurship

by DEWA


Oleh : Johari Zein (Direktur Utama PT TIKI JNE)
disampaikan pada Inspiring Leadership Talk 2011 (26 Juli 2011)

imageEntrepreneurship. Begitulah banyak dari kalangan masyarakat, khususnya genarasi penerus bangsa menyebutnya. Kini sudah mulai menjamur di kalangan pemuda. Banyak pemuda sudah mulai menanamkan mindset untuk menjadi pengusaha, tidak sekedar menjadi pekerja biasa. Pengembangan sektor ini bisa menjadi solusi strategis permasalahan ekonomi bangsa Indonesia.

Tantangan bangsa Indonesia adalah memperbaiki sektor ekonomi dengan cara meningkatkan jumlah pengusaha dalam Negeri. Jumlah pengusaha di Indonesia saat ini hanyalah 2% dari total penduduk di Indonesia. Jumlah sekecil itu pasti tidak mencukupi jumlah tenaga kerja Indonesia yang sangat banyak. Menurut data, dibutuhkan 10% dari total penduduk Indonesia yang mengisi sektor kewirausahaan agar dapat mencukupi supply tenaga Indonesia yang sangat besar. Dengan 10% itu juga, ekonomi di Indonesia akan stabil.

Indonesia perlu mencontoh bagaimana negara – negara lain mengalami kemajuan. Beberapa negara tersebut adalah negara – negara barat. Di abad 19 dan 20, negara barat maju dikarenakan oleh penguasaan mereka terhadap persaingan dunia dengan temuan yang memanfaatkan perhitungan: pengukuran waktu, ruang dan matematika.

Bagaimana dengan potensi Indonesia? Indonesia unggul dalam jumlah penduduk. Dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, Indonesia memiliki potensi besar dalam menjadi pengguna internet terbesar. Terbukti, pada grafik jumlah pengguna Internet di Indonesia terus meningkat. Hal ini memberi sinyal positif akan keterbukaan informasi pada masyarakat Indonesia.

clip_image001

Selain tingginya angka pengguna internet di Indonesia, banyak modal yang dimiliki bangsa Ini. Menurut beberapa penelitian World Bank, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang terbesar di dunia. Pertumbuhan PDB diperkirakan di atas 6%, Inflasi stabil, & Defisit fiskal kurang dari 2% terhadap PDB. Dengan memanfaatkan modal – modal tersebut, seyogyanya kita optimis dan turut membangun Indonesia, khususnya di bidang Entrepreneurship.

Pak Johari memiliki tips sukses untuk berwirausaha. Tipsnya adalah jangan niatkan wirausaha hanya untuk mencari keuntungan saja. Niatkan wirausaha kita untuk memberi kemanfaatan bagi sesama. Keuntungan merupakan efek samping dari niat tulus ikhlas kita tersebut.

Semoga dengan mulai menjamurnya Entrepreneurship di Indonesia, pertumbuhan ekonomi Indonesia jauh meningkat. Dengan demikian masalah – masalah ekonomi di Indonesia dapat diminimalisasi.