Membangun Kekuatan Ekonomi dan SDM Strategis Indonesia menghadapi Persaingan Global

by DEWA


Oleh : Dr. H. Sugiharto, SE, MBA.
(mantan menteri Negara BUMN periode 2004-2007 dan Komisaris Utama pertamina)
disampaikan pada Inspiring Leadership Talk 2011 (25 Juli 2011)

imagePertumbuhan ekonomi di Indonesia mengalami kenaikan yang signifikan. Bagaimana tidak, menurut survey terpercaya yang dilakukan oleh Bank Dunia, Indonesia diramalkan menjadi salah satu Negara Berkembang yang akan beralih ke Negara Maju dan memberikan dampak pada perekonomian global. Negara Indonesia diramalkan akan tergabung dalam BRIC (Brazil, Rusia, India, Cina).

Kini ekonomi global bergerak menuju multipolaritas. Orde ekonomi global baru mulai terbentuk dengan bergesernya pertumbuhan global dari negara-negara maju ke negara-negara berkembang. Peran perusahaan multinasional dari negara berkembang akan semakin penting sebagai sumber dan pendorong arus investasi global. Selain itu, sistem moneter internasional akan beranjak ke arah sistem multi-mata uang.

Pada aspek ekonomi multipolaritas, Indonesia pada tahun 2011 merupakan negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi serta berpendapatan menengah dinamis. Hal tersebut dimotori oleh:

· Stabilitas politik, konsolidasi, dan pendalaman demokratis

· Pengelolaan ekonomi makro dan fiskal yang tetap kuat melalui krisis keuangan global

· Sumber daya alam dan kekuatan demografi

· Membaiknya profil internasional, contohnya: keanggotaan Indonesai pada G-20

Ramalan World Bank akan pertumbuhan ekonomi negeri ini berdasarkan beberapa bukti. Bukti – bukti tersebut di antaranya adalah :

clip_image002

clip_image004

clip_image006

Ramalan saja tidak cukup untuk merealisasikan Indonesia sebagai negara berkembang yang mempengaruhi perokonomian global dunia dan untuk melakukan percepatan pembangunan ekonomi di Indonesia. Banyak hal yang perlu dipersiapkan bangsa Indonesia untuk menjadikan ramalan Bank Dunia itu benar – benar terwujud. Beberapa di antaranya adalah usaha dan sifat optimisme dari seluruh lapisan masyarakat, khususnya pemerintah dan generasi muda, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Pemerintah, dalam hal ini adalah Kementrian Koordinator Perekonomian RI, telah mencanangkan masterplan akselerasi pembangunan perekonomian di Indonesia. Masterplan ini berisi Visi Indonesia 2025 yang di-breakdown­ menjadi prinsip dasar, strategi utama, dan inisiatif strategis MP3EI (Master Plan for the Acceleration and Expansion of Indonesia`s Economic Development).

clip_image008

Orde ekonomi global baru telah bergerak menuju terwujudnya multipolaritas, yang ditandai dengan munculnya kekuatan ekonomi baru (seperti China dan negara-negara Emerging Markets). Indonesia merupakan emerging market yang dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi kekuatan ekonomi yang diperhitungkan dan memiliki prospek untuk tumbuh di masa mendatang. Indonesia bersama negara-negara emerging markets lainnya diperkirakan akan menjadi kekuatan ekonomi baru dunia dengan kontribusi yang signifikan. Akan tetapi, Indonesia memiliki sejumlah tantangan yang perlu diselesaikan untuk mengakselerasi tingkat pertumbuhan ekonominya. MP3EI 2011-2025 merupakan jawaban untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut, karena didalamnya mengandung strategi-strategi yang business not as usual.