Membangun Kontribusi Masyarakat Muslim bagi Dunia

by DEWA


Oleh : Hidayat Nur Wahid
disampaikan pada Inspiring Leadership Talk 2011

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk Islam terbesar di dunia ternyata memiliki beberapa keistimewaan terkait hubungannya dengan agama Islam. Beberapa kesitimewaan hubungan tersebut selayaknya mampu mengoptimiskan muslim Indonesia bahwasanya Indonesia mampu menjadi pioner dalam kebangkitan Islam secara global.

Adapun keistimewaan – keistimewaan tersebut antara lain:

· Kota Kudus – Jawa Tengah dengan Al Quds (Palestina)

Kudus merupakan kota yang didirikan oleh Sunan Kudus pada masa kesunanan di Indonesia. Nama Kudus beliau pilih dilatarbelakangi oleh rasa kecintaan beliau terhadap Al Quds, yang saat ini biasa dikenal dengan sebutan Palestina. Saat itu pula, Sunan Kudus mendirikan masjid dengan nama yang sama yakni masjid Al Aqsa. Ini merupakan bukti bahwasanya masyarakat Indonesia hakekatnya memiliki kedekatan batin dengan Al Islam.

· Kota Barus – Sumatra Utara diabadikan di Al Quran

Allah mengabadikan sumber daya alam Indonesia dalam Al Qur’an. Hal ini terdapat dalam surat Al Insan. Kata tersebut adalah kafuur, yang biasa disebut kapur dan berasal dari kota Barus, Sumatera Utara. Bagian dari daerah Indonesia telah diabadikan dalam kitab suci umat Islam ini.

· Peran Strategis Kaum Muslim dalam Kebangkitan Bangsa Indonesia

Kebangkitan bangsa Indonesia pun tidak lepas dari peran kaum muslim. Ketika kita mengenal hari kebangkitan Indonesia adalah jatuh pada lahirnya gerakan pertama yakni Boedi Utomo pada tahun 1908. Namun sesungguhnya, tujuh tahun sebelum itu, 1901, telah lahir gerakan Jamiatul Khoir yang memiliki focus untuk membangkitkan pendidikan masyarakat Indonesia.

Partai pertama di Indonesia sesungguhnya diinisiasi oleh kaum muslim. Dengan pendirinya HOS Cokroaminota, Partai Sarekat Islam menjadi partai pertama yang ada di Indonesia.

Sudah saatnya bagi kita untuk optimis dan merapatkan barisan guna merealisasikan Islam sebagai rahmat seluruh alam. Dengan bangkitnya kaum muslim di Indonesia, Insyaallah mampu memicu kebangkitan kaum muslimin dunia. Amin.