Sepakbola dan Martabat Bangsa

by DEWA


Oleh : Arifin Panigoro
disampaikan pada Inspiring Leadership Talk 2011

imageSepak bola merupakan olah raga yang paling digemari masyarakat. Terbukti dari bermilyar pasang mata di dunia yang menyaksikan saat final Piala Dunia. Ketertarikan masyarakat itu menarik para investor untuk menanamkan modalnya di dunia persepakbolaan. Banyak sisi positif dan negatif dalam fenomena ini. Banyaknya investor mampu menghidupkan bisnis persepakbolaan. Akan tetapi, dengan terlalu banyaknya investor, dimungkinkan terjadi persaingan yang tidak sehat di dalam tubuh persepakbolaan.

Hal yang tidak sehat tersebut lah yang tercermin kuat di tubuh persepakbolaan Indonesia. Ada oknum tertentu yang sengaja menjadikan persepakbolaan Indonesia sebagai ladang bisnis. Parahnya lagi, oknum tersebut masih tidak mau hengkang dari tubuh persepakbolaan di Indonesia. Hal itu lah yang menjadi faktor utama lambatnya pertumbuhan prestasi persepakbolaan di Indonesia.

Solusi kongkret yang diajukan oelh Pak Arifin adalah sebagai berikut:

· Pembinaan usia dini

Pesepakbola layaknya penyanyi yang harus dilatih bakatnya sejak dini. Oleh karena itu, jika kita mendambakan pemain flamboyan bak Messi, penerapan pembinaan persepakbolaan pada usia dini wajib diterapkan.

· Penerapan sport science

Persepakbolaan berkembang sangat pesat. Perkembangan tersebut layak jika diturunkan dalam suatu bidang keilmuan tertentu. Sebut saja sport science. Sport science harus dipelajari secara komprehensif agar pesepakbola lebih paham mengenai bidangnya.

· Pengelolaan liga professional yang mandiri (tanpa APBD)

Melibatkan pendanaan liga persepakbolaan pada APBD merupakan peluang terwujudnya korupsi yang sistemik. Oleh karena itu, Pak Arifin menyarankan agar dibentuk liga profesional yang mandiri, tanpa menggunakan APBD.

· Pembenahan organisasi PSSI

PSSI merupakan anggota tubuh utama dalam menajemen persepakbolaan di Indonesia. Jika anggota tubuh utama tersebut tidak bersih, maka tidak bersih pula lah anggota – anggota tubuh yang lain. Pembenahan pada organisasi PSSI mutlak dilakukan.

Semoga dengan dibenahi dan ditingkatkannya dunia persepakbolaan Indonesia, prestasi sepak bola Indonesia tidak tertinggal jauh dengan negara – negara Eropa ataupun Amerika Latin.